Kamis, 07 Juni 2018

Berbagai Kegiatan Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang suci dan bulan berbagi kebahagiaan, bulan yang paling dinanti-nanti diantara semua bulan. Berbagai kegiatan amal dilakukan oleh individu ataupun kelompok untuk mendapatkan berkah dan amalan dibulan yang suci.
 Adapun berbagai kegiatan yang paling sering dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Berkunjung Kepanti Asuhan
Panti asuhan adalah tempat yang paling sering dikunjungi atau dicari-cari oleh sekelompok orang yang akan berbagi rejeki. Namun perlu diperhatikan juga panti yang layak diberi santunan. Di panti asuhan kita dapat memberikan sumbangsi berupa uang tunai, sembako, pakaian yang layak pakai.

2. Berbagi Takjil
Berbagi takjil ini paling sering kita jumpai di pinggir jalan, dan jangan memandang mereka sebelah mata entah hanya mencari sensasi atau melaksanakan kegiatan(terkadang ada beberapa keluhan dari pengguna jalan) mereka ini setidaknya berbagi rejeki kepada kita dan pengguna jalan lainnya yang tidak dapat waktu berbuka diperjalanan, bahkan kegiatan berbagi takjil ini pun bisa disalurkan kepada siapa saja. mulai kalangan menengah kebawah sampai menengah keatas. Dan jika mendapat takjil guys ataupun ingin melakukan kegiatan ini jangan diliat apa yang mereka berikan apa yang kita berikan setidaknya kita lihat seberapa ikhlas kita berbagi.

3. Buka Puasa Bersama
Ramadhan merupakan waku yang paling sering digunakan untuk silaturahmi sesama teman, mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA, kuliah, kerja, bergaul, tetangga, keluarga besar dll. Entah kenapa bulan ramadhan adalah bulan yang paling tepat untuk bertemu dan bercanda gulau dengan teman yang lama kita jumpai dan bahkan yang paling sering bersama kita. Ajang buka puasa bersama tidak hanya hanya kegiatannya tapi hunting tempat untuk berbuka pun dilakukan, mulai dari cek harga, cek menu, dan lokasinya.

4. Sahur Bareng
Hampir sama dengan buka puasa bersama namun waktunya saja yang berbeda dilakukan pada saat sahur(namanya saja sahur bareng) namun kalau kegiatan ini kita paling sering makan ditempat-tempat berbeda dari pada buka puasa bersama, kalau sahur kita paling sering lihat orang makan di PK5 (pedagang kaki lima) yang menyediakan makanan murah meriah tapi enak dan mengenyangkan.

5. Membuat Kegiatan MTQ
Kegiatan ini sering dilakukan oleh organisasi, yaitu mengadakan perlombaan perlombaan religi atau kerohanian, mulai dari lomba baca al-qur'an, lomba kata-kata khitabah(Ceramah), lomba adzan, lomba kaligrafi, lomba sholat berjamaah, lomba fashion show, lomba nasyid, dan berbagai  kegiatan lainnya.

6. Mengikuti Lomba
Jika kita tidak mampu untuk membuat kegiatan lomba dibulan ramadhan setidaknya kita juga dapat mengikuti lomba yang dibuat oleh beberapa organisasi yang paling sering mengadakan kegiatan dibulan ramadhan , lumayan hadianya  kalau juara kalau tidak juarapun kita dapat menambah pengalaman, bahkan kenalan baru.

7. Menjual Makanan dan Minuman
Jualan merupakan salah satu kegiatan yang menghasilkan, karena dibulan ramadhan banyak masyarakat yang lebih memilih makanan jadi ataupun sekedar minuman yang dijajakan, baik itu jualannya dipinggir jalan, ataupun lokasi tertentu seperti event-event kuliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar