Sabtu, 09 Juni 2018

Tips Agar Uang THR Tidak Berlalu Begitu Saja

Tunjangan Hari Raya atau yang lebih sering disebut THR adalah tambahan penghasilan yang sangat ditunggu-tunggu. Bukan hanya PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang mendapatkan THR namun karyawan dan pegawai non-PNS pun mendapatkan tunjangan tersebut. Tetapi perlu pengelolaan THR yang tepat agar tidak habis sekejap mata dan sia-sia.


Kebanyakan orang menggunakan THRnya untuk sekedar berfoya-foya tanpa memperhatikan keperluan dan keinginannya saja. Sehingga THR yang mereka dapatkan tidak bermanfaat semaksiml mungkin. Berikut beberapa tips agar uang THR yang kita dapatkn tidak berlalu begitu saja:

1. Pisahkan uang belanja dan tabungan jangka panjang
Banyaknya orang yang tidak menyadari bahwa kebutuhan itu bukan hanya pas hari raya saja untuk menghabiskan THRnya, namun kebutuhan masa depan wajib untuk dipikirkan. Nah, hal yang awal dilakukan kita harus memisahkan uang untuk tabungan jangka panjang.

2. Sedekah dan Zakat
Hari raya juga sebagai momen yang indah untuk berbagi ke sesama manusia, baik itu berbagi kepada keluarga, teman, dan orang yang kurang beruntung. 

3. Belanja Kebutuhan
Banyaknya orang yang kadang khilaf membedakan antara kebutuhan dan keinginannya saja membuat THR yang mereka dapatkan tidak bermanfaat sebaik mungkin. Kebutuhan yang paling utama adalah kebutuhan ekstra di hari raya.

4. Lunasi utang/bayar cicilan
THR merupakan tambahan gaji atau pendapatan yang dapat kita manfaatkan untuk membayar utang atau bayar cicilan untuk meringnakan beban dibulan-bulan berikutnya.

5. Gunakan Promo
Belanja pakaian yang akan kita gunakan dihari raya juga mesti diperhitungkan, gunakan promo belanja jika perlu. Bukan hanya pakaian saja yang memiliki promo, tapi makananpun ada yah!. Mau buka puasa bersama bukan hanya mencari tempat yang enak dan murah, namun rumah makan yang memiliki promo juga sering dicari-cari. ini cara agar THR kita tidak habis hanya untuk buka puasa bersama setelah tunjangan tersebut cair/keluar.

6. Siapkan uang untuk biaya tak terduga
Perlunya memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi membutuhkan pemahaman yang baik tentang hal tersebut. Biaya tak terduga kadang kita gunakan apabila hal yang tidak pernah kita rencana terjadi dan membutuhkan biaya untuk mengembalika ke keadaan normal. Contohnya sakit (siapa sih yang mau sakit? tidak ada kan) tapi untuk mengembalikan stamina kita seperti biasanya membutuhkan biaya juga kan?.

Nah, cukup sekian tips dari saya semoga uang THR yang Bapak/Ibu/Kakak/Adik dapatkan bermanfaat yah, dan semoga uang THRnya tidak berlalu begitu saja tanpa kenangan dan berlalu begitu saja yang hampir sama dengan angin yang lewat namun sedikit rasa sejuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar