Kamis, 29 Oktober 2020

WORKSHOP APLIKASI SYAM-OK - Inovasi Pembelajarang yang Lebih Fleksibel

Hallo, ditengah new normal ini berbagai kegiatan telah dilaksanakan yah, meskipun demikian kita tetap diharapkan mengingat pesan IBU, 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Nah kali ini aku mau menceritakan tentang Workshop yang diadakan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM).

Selama pandemi pembelajaran dilaksanakan secara daring, berbagai aplikasi hadir sebagai fasilitas untuk melancarkan kegiatan belajar mengajar. Bukan hanya siswa namun mahasiswapun demikian. Memilih untuk belajar dirumah tentunya jauh lebih baik dan aman dari pada dilaksanakan di sekolah atau kampus. Apabilah ada pelajaran praktikum, jika memang tak memungkinkan dirumah bisa dilaksanakan di sekolah/kampus dengan tetap mengingat pesan IBU.

Universitas Negeri Makassar tentunya tak ketinggalan menghadirkan inovasi pembelajar yang lebih baik dari yang sebelumnya. System and Application Management Open Knowledge (SYAM-OK) merupakan sebuah platform e-learning yang mulai digunakan di UNM. SYAM-OK ini diluncurkan pada bulan agustus sebagai salah satu rangkaian komando perkuliahan semester gasal 2020/2021 oleh Rektor UNM, Prof. Dr.  Husain Syam, M.TP. SYAM-OK ini  disosialisasikan kepada seluruh dosen UNM.

Workshop SYAM-OK yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik UNM pada gelombang pertama yang bertujuan sebagai langkah awal mensosialisasikan SYAM-OK keseluruh dosen Fakultas Teknik. Dosen Fakultas Teknik yang berjumlah kurang lebih 200 dosen tersebut tidak memungkinkan untuk dihadirkan secara bersamaan ditengah new normal ini, maka Dekan FT UNM, Prof. Dr. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng memutuskan untuk dibagi menjadi beberapa gelombang. 

Senin, 10 Oktober 2020 bertempat di Hotel Grand Claro Makassar, pelaksanaan Workshop E-Learning yang membahas tentang SYAM-OK dimulai. Jumlah peserta pada gelombang pertama sebanyak 60 orang dan jumlah pelaksana dan supporting 15 orang. Workshop tersebut tentunya dihadiri oleh Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam, M.TP. sekaligus membuka kegiatan tersebut. 

Registrasi Peserta Workshop

Kegiatan yang dimulai pada jam 07.30 WITA dibagi menjadi 3 kelas/ruangan yang bertujuan untuk mengefisienkan waktu dan tempat. Narasumber yang dihadirkan merupakan narasumber yang tentunya telah ahli dibidangnya yaitu Dr. Lu'mu., M.Pd., Dr. Abdul Muis Mappalotteng, S.Pd.,M.Pd.,M.T., Dr. M. Rais, S.Pd.,M.Pd., Dr. Arnidah, S.Pd.,Msi., dan Hartoto S.Pd.,M.Pd.

Suasana Pembukaan Acara Workshop

Kegiatan yang berlangsung dari 07.30 hingga 17.30 tersebut tentunya menghasilkan sebuah produk pembelajaran yang telah siap digunakan. Diakhir kegiatan masing-masing kelas mengamanahkan 2 orang untuk mempresentasikan produk pembelajaran yang telah dibuat didepan seluruh peserta sebelum acara penutupan.

Dari kegiatan tersebut kita makin menyadari bahwa SYAM-OK ini hadir sebagai inovasi pembelajaran yang baru, jauh lebih menarik, mudah digunakan, dan diharapkan proses pembelajaran lebih maksimal. Semoga workshop SYAM-OK gelombang berikutnya segera terlaksana dengan keseruan lainnya.

Nah kalian bisa liat dokumentasi kegiatan Workshop SYAM-OK dibawah ini yah, terima kasih masih setia membaca tulisanku hingga akhir. 

Dekan FT Fokus menyelesaikan produk pembelajarannya





Perwakilan Dosen Yang Mempresentasikan Produk Pembelajarannya





13 komentar:

  1. Wah seru banget workshopnya mbak.. ikutan happy dan mendukung kegiatan seperti ini.. semoga batch berikutnya pesertanya lebih banyak ya.. dan lansung bisa menerapkannya di lingkungan masing masing.. karena memang pembelajaran itu harus menyenangkan, jauh lebih menarik, mudah digunakan, dan bisa lebih maksimal yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak betul banget tuh kak . biar nggak bosan gtu yah kak

      Hapus
  2. Ooh..SYAM OK ini nama aplikasi ya, kirain nama orang..hihi.. Menarik sekali workshop ini ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak betul banget. sekilas emang banyak yang kira nama orang

      Hapus
  3. Masya Allah .. mantap System and Application Management Open Knowledge (SYAM-OK) ini ... nantinya akan dipergunakan di kalangan UNM berarti ya, Indah? Nama singkatannya sama dengan nama belakang pak rektor ya hehe.

    Ada Ibu Arnidah Kanata ya di acara ini ... saya kenal beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ie kak beliau salah satu narasumber keg ini kak.

      Hapus
  4. workshop e-earning ya mba... menarik pasti materinya dan banyak ilmu baru plus manfaat yang didapat. Aku so far ikutan banyak kelas virtual nih

    BalasHapus
  5. Nah Iya, yg selama ini diberitakan itu sistem daring untuk anak SD - SMA saja ya. Mahasiswa pun juga berjuang banget nih buat belajar lewat daring. Dan memang tiap universitas juga hrs adaptasi menghadirkan berbagai metode belajar yg efektf selama pandemi ya

    BalasHapus
  6. Setuju nih pembelajaran daring untuk mahasiswa juga dibutuhkan. Anakku nih protes karena dari seluruh matkul, hanya satu dosen yang bikin e-learning dengan bikin video. Keren workshop nya dengan bikin e-learning untuk pembelajaran mahasiswa

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah.. Kegiatan belajar secara daring ini gak cuma hanya sisi negatif aja, teryata banyak banget inovasi barunya ya mbak. Semoga kita bisa lebih banyak bersyukur dengan takdir yang semua orang dapat ini ya mbak. dari pada ngeluhnya ^^

    BalasHapus
  8. Senang aku mba kalau ada solusi begini untuk agar anak belajar makin dimudahkan ya. Apalagi selama pandemi gini ya, membantu mereka banget

    BalasHapus