Minggu, 12 Agustus 2018

Tips Menumbuhkan Minat Belajar Anak di Rumah

Tahun ajaran baru telah tiba, ada anak yang baru saja menjadi siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain menjadi siswa ada juga anak naik kelas di sekolahnya. Setelah libur panjang ada beberapa anak yang terkadang memiliki minat belajar dirumah itu sangat kurang. Selain di sekolah. rumah juga menjadi salah satu tempat atau pusat belajar mereka yang sangat berpengaruh terhadap prestasi anak di sekolah.


Berikut ada beberapa tips buat ayah/bunda untuk menumbuhkan minat belajar anak:

Jangan memaksa, berikan pengertian kepada anak tentang pentingnya belajar dirumah, tentang seberapa besar pengaruh jika pelajaran disekolah dipelajari kembali. Jangan pernah memaksakan kehendak kepada anak agar mereka mengikuti perintah kita secara paksa. Sebab, belajar secara  paksa hanya membuang waaktu mereka tanpa adanya manfaat buat daya ingat tentang apa yang mereka pelajari.

Tidak membatasi anak, membaatasi maksudnya melarang mereka untuk bermain disore atau pun malam hari. ada anak yang membutuhkan hiburan untuk menumbuhkan kembali minat belajar mereka. Anak juga memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan apa yang mereka inginkan.
Buatkan ruang khusus, jika luas rumah lumayan lebar atau luas, buatkan ruang khusus buat anak belajar. diruangan itu bisa saja dijadikan perpustakaan mini buat anak.

Dekorasi kamar yang menarik, jika saran sebelumnya tidak memungkinkan untuk penambahan ruang bisa dilakukan dekorasi ulang kamar si anak, seperti memberikan nuansa yang lebih segar, sentuhan gambar yang menari buat si anak sehingga mereka betah dikamar dan nyaman hingga tidak merasa bosan dengan susasana kamar sendiri.

Taman baca, untuk pilihan yang ke tiga ini usahakan ayah/bunda punya waktu untuk mendampingi si anak belajar. 30-60 menit saja itu sudah sangat berarti. Hal ini dilakukan bisa saja di sore hari ataupun hari libur. Hal ini memberikan daya tarik tersendiri buat anak yag suka belajar di ruang terbuka.

Memberikan apresisasi, sekecil apapun usaha anak untuk belajar usahakan berikan mereka apreesiasi agar lebih semangat lagi. Jika anak melakukan kesalahan , jangan langsung menegur mereka.  Namun berikan pengertian tentang apa kesalahannya. 

Liburan keluarga, luangkan waktu ayah/bunda untuk melakukan liburan bersama keluarga. Ini bermanfaat untuk anak agar tidak merasa jenuh dengan aktifitasnya yang sudah teratur dihari sekolah.


Semoga hal diatas membantu buat para ayah/bunda

2 komentar: