Minggu, 15 Agustus 2021

MEMERDEKAKAN DIRI



Hallo guys, ditengah kondisi saat ini maaf banget nih karena aku baru upload lagi. 
Nah tepat banget nih dibulan Agustus ini lebih fasihnya disebut bulan kemerdekaan, aku menulis dengan tema kemerdakaan , namun ini bukan kemerdekan diluar sana seperti yang kita ketahui selama ini, namun aku membahas gimana memerdekakan diri.


Memerdekakan diri sendiri salah satu hal yang amat penting untuk diketahui serta lebih disadari, sebab orang yang nomor satu mengetahui diri kita adalah diri kita sendiri, silahkan merenung dengan hal tersebut yah, hehehehe.

Nah dari aku nih ada beberapa hal yang mesti diketahui mengenai memerdekakan diri sendiri, yuk simak :

1. Jangan Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain
guys harus kalian ketahui bahwa setiap orang itu memiliki jalannya masing-masing jadi jangan pernah bandingkan dirimu dengan orang lain, sebab itu akan membuat kamu menjadi sesuatu hal yang akan merasa sangat jauh berbeda.

2. Nikmati Proses
Dalam sebuah perjalanan seseorang semua memiliki dan pasti melewati proses, dalam sebuah proses pasti banyak hal yang menarik yang bisa dipelajari,maka dari itu sebaiknya dalam segala hal kita bisa menikmati yang namanya proses sebab itu salah satu hal untuk membuat segalanya lebih ringan dijalani.


3. Jangan Muda Terpengaruh Dengan Orang Lain
Mendengarkan asumsi dari orang memang salah satu hal yang harus kita lakukan dan tentunya dihargai, namun untuk mencerna pendapat orang ataupun arahan orang lain sebaiknya kita menjadi sosok mampu mengelolah pemikiran agar tidak mudah dipengaruhi orang apalagi itu akan berdampak pada diri kita.


4. Jangan menilai diri sendiri menjadi orang yang "GAGAL"
Kegagalan  memang pasti pernah terjadi setiap orang namun, kita tidak boleh menilai diri kita sebagai orang yang gagal, namun belum beruntung saja, sebab kegagalan itu sebenarnya sebuah proses maka sesuatu hal banget tuh kalau kita saja menilai diri kita sebagai orang yang gagal, gimana dengan orang lain menilai kita. Sebaiknya kurangi penilain negaif terhadap diri sendiri yah.

nah guys, kalau aku pribadi  hal tersebut merupakan point yang amat sangat penting dan selalu aku terapkan pada diri sendiri, sebab hidup itu kita yang jalani dan nikmati, meskipun sebagai makhluk sosial kita juga butuh sesuatu hal untuk diri kita sendiri yah.


33 komentar:

  1. Penting banget untuk berjiwa merdeka. Karena jika terjajah, jiwa kita tidak mampu menolong dan bermakna utk orang lain. Bener nggak siih..Tx sudah kasih inspirasi cara memerdekakan diriπŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  2. Nah point satu setuju bgt mbak. Setiap perjalanan hidup dan pilihan orang tentu berbeda, sehingga gak bisa dibanding2in.

    BalasHapus
  3. Merdeka itu dimulai dari diri kita sendiri, ya. Jika kita terbebas dari hal2 tidak penting dan bisa terus maju ke arah lebih baik, itulah sejatinya merdeka.

    BalasHapus
  4. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu bisa membuat diri ini menjadi sangat sedih. Belum lagi kalau ada orang lain yang membandingkan diri ini dengan orang lain. Tambah tambah sedih deh jadinya. Baca postingan ini jadi tidak ingin membandingkan diri ini dengan orang lain agar tidak sedih lagi.

    BalasHapus
  5. setuju dg tips-tipsnya dalam upaya memerdekakan diri ini. penting banget nih agar kita tak terjebak pada pemikiran negatif yg pada akhirnya merugikan diri sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu kak. Karna akan berdampak pada diri kita juga kan kak

      Hapus
  6. memerdekakan diri bisa dimulai dari hati dan pikiran, bersihkan hati dan ubah mindset. jadi diri sendiri tanpa membandingkan diri kita dengan orang lain. jika ingin membandingkan, bandingkan diri kita sekarang dengan diri kita di masa lalu ^^

    BalasHapus
  7. Aku suka tulisan ini. Benar dan setuju, kita sendiri yang harus memerdekakan diri kita ya, Kak, jangan mudah terpengaruh, jangan bandingkan diri dan situasi yang dihadapi, mindset kita sih yang paling penting

    BalasHapus
  8. Ngebandingin diri ke orang lain emang bahaya banget buat psikologi diri.. Padahal sukses timing kita dengan orang lain tentu saja berbeda ya mba

    BalasHapus
  9. Iya setuju mba tidak boleh membandingkan diri kita dengan orang lain karena semua memiliki waktunya masing2 bandingkan diri dengan diri kita di masa lalu itu lebih baik ya...

    BalasHapus
  10. setuju banget Mbak, diri kita yang paling tahu tentang kita.
    nikmati aja apa yang diberi, nikmati prosesnya, syukuri maka kita akan lebih bisa menghargai diri sendiri :)

    BalasHapus
  11. Ah, setuju mbak. Kemerdekaan tidak hanya dilihat dari fisik tapi juga mental dengan segala pola pengelolaannya. Merdeka adalah sikap ORA NGURUS WONG LIYO yang tidak berarti cuek, tapi cara melihat kebaikan diri sendiri biar hati siang

    BalasHapus
  12. Aku belajar merdeka dari pikiranku sendiri
    Pikiran bahwa pandemi ini sangat melelahkan jiwa raga
    Saya selalu berusaha kuat bahwa semua terjadi dan bisa dilalui
    Seperti itu saya merdeka

    BalasHapus
  13. Makasih mba Indah, kadang timbul dalam diri aku merasa gagal
    tapi lagi-lagi siapa yang akan menguatkan diri ini kalau bukan diri sendiri
    jadilah sampai saat ini berpikiran positif masih terus saya pegang

    BalasHapus
  14. Dulu aku termasuk sering banding2in diri sendiri Ama orang lain. Trus ngerasa down, mikirnya Tuhan ga adil dll. Padahal dengen ngelakuin itu, sama aja aku ga bersyukur dengan berkat yg dikasih, ga mau melihat positif nya diri sendiri -_- . Baru setelah sadar, akhirnya coba utk berpikir positif. Instead of negative thinking Mulu, aku coba menghitung apa aja kelebihan ku, dan mulai fokus di situ. Ga mau lagi banding2in diri ke orang lain. :D. Yg ada malah stress sendiri

    BalasHapus
  15. jadi diri sendiri jangan males ngblognya dong hehehe *ngomongin diri sendiri juga akunya semangat ya Mbak Indah

    BalasHapus
  16. Poin pertama berat banget untuk diaplikasikan pada saya. Jika orang lain membandingkan ABCD pada saya, biasanya saya ikutan dan jadinya malah bikin diri sendiri sedih.

    BalasHapus
  17. Sepakat banget sama semua poin kak, terutama poin terakhir. Kita perlu berdamai dengan kegagalan karena kegagalan itu dialami semua orang dan itu cuma fase yang harus kita lewati aja, sama sekali gak mendefinisikan diri kita. Kebetulan aku juga banyak nulis tema kesehatan mental di blogku kak, sila mampir kalo senggang

    BalasHapus
  18. Ini yang paling penting dari semuanya ya: kemerdekaan diri. Huhu aku sering Kali lupa dengan ini. Kudu selalu inget deh. Biar bisa enjoy dan bahagia di dalam hidup.

    BalasHapus
  19. Benar juga ya diri juga punya hak untuk merasakan kemerdekaan dari hal-hal yang membelenggu. Dengan begitu kita juga bisa lebih mencintai dan menghargai diri sendiri ya

    BalasHapus
  20. Ternyata proses untuk menjadi orang yang merdeka itu ada banyak hal yaa..
    Dan semoga kita semua bisa keluar menjadi pribadi yang merdeka dan bahagia.

    BalasHapus
  21. bener banget dek, kadang sulit utk ga membandingkan diri dengan orang lain utk sekadar tahu pencapaian kita, meski kadang juga berakhir dengan insecure. yang harus digarisbawahi saat ini adalah bahwa apa yang akan kita capai butuh proses. Aaah, ternyata aku belum merdeka dari perasaan insecure nih. huhuu

    BalasHapus
  22. Setuju sama Indah. Keempat hal tersebut di atas, kalau memang dipegang tehuh dan diterapkan, akan membuat kita menjadi manusia yang merdeka, percaya diri, dan mampu menjadi diri sendiri, juga membawa diri dengan baik. :)

    BalasHapus
  23. Mba Injul, apa kabar? Aku pun lagi berusaha untuk tidak membandingkan pencapaianku dengan pencapaian orang lain Mba, dan hasilnya fokus sama diri sendiri dan bikin hasilnya lebih maksimal, thank you sudah sharing Mba Injul

    BalasHapus
  24. Merdeka dr pemikiran yg ga penting ya mba. Khususnya kalau menganggap diri kt ga lbh baik. Kalau ak ngga mau anggep diriku ga lbh baik, jd org lain yg baik ak jadikan role model. Krn tiap org pasti punya keistimewaan sendiri.

    BalasHapus